Kamis, 02 Desember 2010

penyebab pencemaran lingkungan

penyebab , sebab , dan akibat pencemaran lingkungan pada air dan tanah dan kesehatan lingkungan


penyebab terjadinyapencemaran lingkungan sebagian besar oleh tangan manusia.pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai , kali , danau , laut , air dan tanah . sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yg terjadi di darat baik di kota maupun di desa .
alam memiliki k’mampuan utk m’ngembalikan kondisi air yg t’lah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dgn jalan p’murnian tanh , pasir, bebatuan dan mikro organisme yg ada d’ alam s’kitar kita.
jumlah p’ncemaran yg sngat masal dari pihak manusia membuat alam tdak mampu m’ngembalikan kondisi ke sepertii semula. Alam mnjadii k’hilangan kemampuan utk m’murnikan pencemaran yg trjadii . sampah dan zat spertii plastik , DDT , deterjen yg tdak ramah lingkungan akan semakin m’mperparah kondisi pengrusakan alam yg kian hari kian bertmbah parah.
sebab pencemaran Lingkungan di Air dan di Tanah :
  •  Erosi dan Curah hujan yg tinggi ,
  •  sampah buangan manusia dari rumah” atau pemukiman penduduk ,
  •  zat kimia dari lokasi rumah penduduk , pertanian, industri .
slah satu p’nyebab p’ncemaran di air yg paling terkenal adlh akibat penggunaan zat kimia pemberantas hama DDT . DDT d’gunakan oleh para petani utk m’ngusir dan m’mbunuh hama yg m’nyerang lahan pertanian .
DDT tdak hanya b’rdmpak pada hama namun juga binatang” lain yg ada d’sekitarnyaa dan bahkan di tempat yg sngat jauh skalipun akibat proses aliran rantai makanan dari sluruh hewan yg ada pada rantai makanan akan tercemar oleh DDT .
DDT yg t’lah msuk k’ dlam tubuh akan larut dlam lemak , sehingga tubuh kita akan mnjadi pusat polutan yg smkin hari akan terakumulasi hingga mengakibatkan efek yg lebih menakutkan .
akibat adanya biological magnification / pembesaran biologis pada organisme yg disebabkan oleh penggunaan DDT .
  •  merusak  jaringan tubuh makhluk hidup ,
  •  menimbulkan otot kejang , otot lelah dan bisa juga kelumpuhan ,
  •  menghambat proses pengapuran dinding telur pada hewan bertelur sehingga telurnya tdak akan menetas .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar